Bersihkan Panci Dengan Baking Soda

Bagi ibu baking soda tentu bukan barang asing.  Salah satu bahan untuk membuat kue. Tapi ternyata kegunaan Baking Soda tidak hanya itu. Didapur Baking Soda masih bisa membantu ibu. Yaitu membersihkan peralatan dapur yang kotor.

Punya peralatan dapur yang lengkap dan bagus tentu menyenangkan tetapi setelah peralatan dibuat tentu harus segera dibersihkan. Sehingga peralatan yang terawat bisa membuat umur peralatan bisa lebih tahan lama tentunya.

Apa dan bagaimana menggunakan Baking Soda untuk membersihkan peralatan dapur, berikut penjelasannya.

  • Punya panci atau wajan anti lengket? Peralatan jenis ini biasanyanya memang aman dari lengket. Tetapi bukan tidak mungkin sisa bahan masakan meninggalkan noda yang sulit dihilangkan. Caranya Campurkan satu gelas air panas dengan satu sendok makan baking soda dan dua sendok makan cairan pemutih kemudian biarkan didalam panci yang bernoda selama beberapa menit. Kemudian cuci dan bilas panci.
  • Memasak rendang, opor atau masakan berbumbu dan berminyak, tentu akan meninggalkan sisa kotoran yang sulit dibersihkan pada panci. Gunakan Baking soda dengan air panad, rendam panci didalam larutan tersebut selama kurang lebih satu jam, kemudian gosok dengan spon. Cuci dan bilas sampai bersih.
  • Sisa kerak nasi atau sisa makanan yang mengeras di dasar panci bisa dibersihka dengan cara sebagai berikut
    Didihkan air dan baking soda di dalam panci tersebut hingga kerak nasi dan sisa makanan terangkat. Setelah kotoran lepas, biarkan hingga dingin lalu bersihkan dengan lap dan sabun cuci. Bilas dan keringkan panci sebelum disimpan.

Selamat mencoba.

 

 

Tagged as: , , , ,

Leave a Response

*