Catatan Ibu

Catatan Ibu

Bertumbuh dan Berbagi Di Sekolah Kehidupan

From the blog

“Berdirilah Di Belakang Ulama”

Abu Lahab, nama ini tentunya sudah familiar di telinga. Bahkan namanya abadi di Al-Qur’an, satu surat khusus mengisahkan betapa ia dan apa yang dimilikinya menjadi binasa. Tak berguna. Tidak hanya dirinya, istrinya pun menjadi bagian darinya.

Ya, istri Abu Lahab seorang perempuan yang semasa hidupnya turut serta menghalangi dakwahnya Rasulullah saw. Ia adalah perempuan yang membawa kayu dan duri di jalanan untuk menyakiti nabi. Hingga ia pun disiksa dengan tali dari api yang dikalungkan di lehernya.

Ini adalah sebuah akhir dari kisah orang di masa nabi yang menghalangi dakwahnya Rasulullah saw.  Menghalangi tersebarnya Islam rahmatan lil ‘alamin di penjuru bumi.

Kini, perpanjangan dakwahnya Rasulullah saw. adalah para dai, ulama, ustaz kaum muslimin. Tak sedikit kisah para ulama yang dihalangi, dihujat, dsb pada saat mereka menyampaikan kebenaran, kebaikan.

Sebuah pesan dari Ibnu Al-Jauzi, hendaknya menjadi peringatan diri, “Daging para ulama diracun (mereka disakiti dengan perkataan), maka jelas kiranya bahwa orang yang menyakitinya akan mendapat Su’ul khatimah. Seperti akhir kehidupan istri Abu Lahab yang menyakiti Rasulullah saw karena tidak suka dakwahnya, bukan pada kepribadiannya.”

Hari ini adalah hari-hari penghujung akhir zaman. Bila masanya nanti para ulama ‘tercerabut’ satu persatu dari muka bumi, tapi tunggu dulu. Bukankah para ulama yang mukhlis sudah mulai berpulang?

Wahai diri, setidaknya bila kau tidak bisa membela agamamu, berada di garis terdepan, lisanmu dan perbuatanmu terjaga, dijaga dari menyakiti mereka, para penerus anbiya. Setidaknya doa yang tulus dilangitkan untuk mereka yang memperjuangkan agamamu.

#catatanperjalanan

#muhasabah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2015 CatatanIbu.com . All Rights Reserved.