Mengenalkan Buah Kecapi Ke Anak

Menemukan buah yang baru didengar dan dikenal itu surprise! 😀 seperti beberapa hari yang lalu saat sedang berbelanja ke pasar harian Batulicin, menjumpai ada buah yang baru pertama kali di lihat. Penasaran, bertanyalah ke penjual, “Buah apa ini Bu?”  “Ini Buah Kecapi”

Antara keraguan dan penasaran apakah buah itu bisa dimakan atau tidak akhirnya belilah beberapa butir buah Kecapi. Bentuk buah kecapi seperti duku tapi lebih besar. Setelah dibuka seperti manggis, yang berkulit tebal dan isinya lembut. Bedanya, manggis manis, kecapi agak keasaman.

Buah Kecapi. Sumber : google.com

 

Manfaat buah kecapi ternyata memiliki beberapa manfaat. Menurut wikipedia.com 

Kayu kecapi bermutu baik sebagai bahan konstruksi rumah, bahan perkakas atau kerajinan, mudah dikerjakan dan mudah dipoles.

 

Berbagai bagian pohon kecapi memiliki khasiat obat. Rebusan daunnya digunakan sebagai penurun demam. Serbuk kulit batangnya untuk pengobatan cacing gelang. Akarnya untuk obat kembung, sakit perut dan diare; serta untuk penguat tubuh wanita setelah melahirkan.

 

Saat anak-anak dikenalkan dengan buah ini pun surprise 😀 tapi setelah mencicipinya, “Asam mi! 😀  Tak apa, mengenalkan jenis buah-buahan yang sudah langka ini menjadi bagian proses pembelajaran anak 😀

Leave a Comment

 

— required *

— required *