Semangat Hijriyah dan Mengenalkan Empat Materi

Tahun Baru Hijriyah, 1348 H, bertepatan dengan awal bulan oktober 2016. Semangat hijrah ini memberikan energi untuk senantiasa melakukan perbaikan terus menerus atas apa yang kami lakukan. Salah satunya adalah homeschooling.

Dalam perjalanan homeschooling, awal tahun baru dan awal bulan oktober 2016 membuat kesepakatan dengan sein, sulung kami, untuk menyelesaikan 1 buku setiap minggu selama satu bulan ini.

tahun-baru-hijriyah

sumber: google.com

 

Ada 4 buku yang akan di selesaikan, yaitu buku Bahasa Indonesia, IPS, IPA, dan Matematika. Sebelum bulan oktober ini, dari senin sampai kamis, biasanya 1 hari 2 buku, 2 bab. Melihat anak yang kelelahan, dan jenuh, maka dibuatlah selama 1 minggu 1 buku saja, 1 hari 1 bab.

Kenapa 4 buku ini? Sein masih SD. Saya memilihkan buku yang ringan dan mudah dipahami anak. Sejatinya fokus untuk satu pelajaran saja, tapi dengan 4 materi ini, bertujuan ingin mengenalkan kepada Sein, apa dan bagaimana Bahasa Indonesia, IPA, IPS, dan Matematika.

Jpeg

sumber: dokumen pribadi

 

Sebelum menjatuhkan pada buku-buku dan materi ini, Sein telah banyak bertanya apa itu IPA, apa itu IPS, kapan belajar matematika. Jadi memilih buku ini adalah sebagai awalan ilmu untuk menuju spesifikasi keilmuan yang diminati Sein, itu poinnya 😀

Disela-sela menyelesaikan 1 hari 1 bab ini, ada aktivitas mewarnai, berkarya, bermain, makan snack, berjalan-jalan di sekitar rumah.

Hanya menganjurkan, agar diselesaikan tepat waktu, karena kalau 1 bab belum selesai maka akan dijadikan PR malamnya. Belajarnyapun santai… 😀

Sein senang sekali, ia tidak di beri PR, dia jadi bersemangat menyelesaikan tugasnya sebelum waktu belajar berakhir.

Leave a Comment

 

— required *

— required *