Pengalaman Uji Geografi Sederhana Anak Di Keseharian

Sulung kami, Sein, anak laki-laki yang sholeh (al hafizd dan pengusaha yang amanah yang barokah dunia-akherat—sebuah doa 🙂 , beberapa hari yang lalu sholat dhuhur di mushola komplek perumahan. Ini adalah aktivitas rutin keseharian, bila tidak ada halangan.

Ada yang berbeda setelah ia pulang dari mushola. Ceritanya yang membuat matanya berbinar-binar dan sayapun tersenyum bahagia.

“Mi..mi…tadi aku ditanya sama P’ Darwis. “

Ditanya apa sama beliau mas?”

‘Dia tanya, ‘Sein, kemarin saat idhul fitri mudik tidak?’

“Iya.”

“Mudik kemana?”

“Ke Jawa Barat dan ke Jawa Tengah.”

“Pa Darwis mudik juga?”

“Saya tidak mudik, saya orang sini aja sein. Jawanya dimana kotanya?”

“Di Sukabumi dan Purwokerto.”

Dan beberapa cerita lainnya yang keluar dari lisannya. Dari cerita sulung kami itu, adalah sebuah senyum dihati saat sein sudah tidak bingung lagi membedakan mana Jawa, mana Kalimantan. Ada bahagia menelisik sanubari, ia sudah pandai bersosialisasi dengan lintas umur diusianya 7 tahun :). Disaat kekhawatiran tidak bisa bersosialisasi karena anak HS, alhamdulillah mulai terkikis 🙂

Perlu berkali-kali untuk memberi tahunya bahwa kita tinggal di Kalimantan Selatan. Embah di Jawa. Atlas menjadi alat bantu untuk memberi tahu lokasinya.

kalimantan

sumber : google.com

Setelahnya kadang membuat kuis-kuis kecil untuk menguji ingatan Sein tentang Geografi sederhana ini. Tak perlu repot memang karena setiap mudik ke Pulau Jawa, kalau kembali kerumah ke Kalimantan.

Menyajikan peta Indonesia kepada Sein, membuatnya berbinar-binar. Ini lho negara kita mas. Ada pulau-pulau banyak dan lautan yang luas. Uwak (pa’ dhe) tinggal di Sumatra, ini pulaunya.

Nama lain Sumatra adalah Andalas. Jawa disebut juga dengan Java. Kalimantan disebut juga dengan Borneo. Sulawesi disebut juga dengan Celebes. Irian Jaya atau Papua.

Pulau Lombok yang ini, yang dulu pernah di kunjungi Abi. Ini Pulau Bali, semoga suatu saat kita bisa kesana bersama ya…Umi pernah kesana, tapi sudah lama sekali. Dari cerita itulah, Sein mulai mengenal, mengetahui dan insyaAllah mencintai Indonesia 🙂

indonesia

sumber: google.com

 

 

Leave a Comment

 

— required *

— required *